November 23, 2017

Please reload

Recent Posts

IMPROVE ITENAS

November 17, 2016

1/2
Please reload

Featured Posts

Diskusi Panel with Bhima Rahadi as Moderator on Architect Digivolution, IndoBuildTech Expo 2019

March 26, 2019

  

Diskusi panel ini melibatkan 4 tokoh, yaitu:
- Bhima Rahadi (BIM Coordinator at PDW Architects), sebagai Moderator Diskusi, Dan

- Ahmad Shiddiq Wangsaputra (CEO of ATTAYA Architects)
- Benido Joy (CEO of K+AD Firma Arsitektur)
- Remi Triadi (3D Artist & Creative Director at Kunkun 3D),
Sebagai Narasumber

 

Sebagai pembuka diskusi, moderator memberikan pertanyaan kepada narasumber mengenai tema Sharing Session kali ini, yaitu Revolusi Industri 4.0.

 

Pertanyaan

Moderator : "Apa yang menjadi background untuk Revolusi Industri 4.0 yang dilakukan oleh masing-masing Narasumber?"
Jawaban 

Remi Triadi: "Hal yang sudah kami (Kunkun 3D) lakukan untuk Revolusi Industri 4.0 ini adalah dengan menggunakan VR atau Virtual reality. Saat ini Kunkun 3D memiliki jasa atau service dengan menggunakan VR . Dengan VR, klien akan lebih mudah mengerti desain yang telah dibuat. Mengapa harus VR? karena VR lebih identik dengan reality. Tidak perlu ilmu tinggi untuk memahami cara penggunaannya, dan memahami isi dari desain yang ditampilkannya. Maka klien juga dapat seakan-akan menikmati langsung desain yang telah dibuat dengan skala 1:1."

 

Benido Joy : "Saat ini kami tidak lagi menggunakan cara yang mainstream untuk "menjual desain". Berbeda dengan yang lainnya, kami menunjukan hasil desain yang telah kami buat dengan teknologi lain, yaitu BIMx. Klien akan sangat lebih mudah melihat dan memahami desain."

 

Shiddiq : "Kami menggunakan software yang menggunakan metode BIM. Memang berbeda dengan kebanyakan konsultan lainnya yang masih menggukan metode biasa, contohnya autocad dan sketchup. Akan tetapi dengan perbedaan inilah kami memiliki nilai lebih dari konsultan lain. Selain hanya baru sedikit sekali konsultan-konsultan yang menggunakan metode ini, BIM juga membuat pekerjaan yang dilakukan lebih efektif dan efisien. Sehingga Desain dan informasi yang kami hasilkan nantinya lebih akurat dan sedikit sekali kemungkinan untuk revisi terus-menerus."

 

 


Selain Moderator, para peserta dapat mengajukan pertanyaan kepada para narasumber. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para peserta:

 

1. Pertanyaan dari Suba, SubaArch : "Bagaimana mindset awalnya bisa sampai menuju perusahaan yang outstanding?"

Jawaban dari Narasumber Shiddiq : " Berawal dari arahan salah satu dosen yang baru saja berkunjung ke luar negeri. Beliau menceritakan kepada saya mengenai kemajuan teknologi BIM disana. Mulai dari situlah saya mulai tertarik dan mempelajari BIM. BIM ini merupakan workflow yang bagus. Saya berfikir untuk menggunakan BIM mulai dari proyek saya sendiri, sambil melibatkan orang-orang juga untuk mengerjakannya. Sehingga dari situ, saya juga sudah mengajak orang  lain untuk memahami BIM .

 

2. Pertanyaan dari Ibu Mita : " Bagaimana tips cara mengatasi klien yang selalu meminta perubahan atau revisi berulang-ulang kali ?" 

Jawaban dari Narasumber Benido Joy : " Itulah salah satu kelebihan menggunakan BIM. Dengan BIM malah akan lebih mudah untuk merubah/ merevisi desain. Tips nya jika klien selalu meminta revisi berulang-ulang kali, bisa dengan cara memberikan tambahan biaya untuk revisi berlebih. Misalnya free hanya sampai revisi ke 3 kali, selebihnya akan dikenakan biaya tambahan untuk setiap revisi"

 

3. Pertanyaan dari Amri : "Bagaimana cara mengikat kontrak dengan klien sehingga menghindari pencurian ide. Karena pernah terjadi, klien yang tiba-tiba berganti ke kontraktor lain sedangkan sebelumnya kita telah menunjukan desain kita ke beliau?"

Jawaban dari Narasumber Shiddiq : " Di dalam BIM ada yang namanya BIM Execution Plan. Dengan kontrak tersebut apabila kontraktornya berubah atau berganti kontraktor, maka tidak akan bisa digunakan dan informasi didalamnya pun tidak bisa dilihat. Sehingga aman dari bocornya informasi desain.

 

4. Pertanyaan dari Rani : "Bagaimana awal mulanya fokus di 3D Visual? dan perspektif seperti apa yang dapat membuat suatu visual menjadi menarik?

Jawaban dari Narasumber Remi : "Awalnya saya mencari dan breakdown dari referensi atau inspirasi yang saya mau. Hal penting yang dapat membuat suatu visual menjadi menarik itu adalah Value Drawing, Komposisi, dan Color Scheme"

 

5. Pertanyaan dari Kwista : "Bagaimana cara mengajak perubahan revolusi penggunaan software baru kepada teman-teman atau orang disekitar kita?"

Jawaban dari Narasumber Benido Joy : "Sebelum mengajak orang lain, tentunya kita dulu yang harus suka terhadap software barunya. Semakin kita memahami software tsb, dari situlah kita bisa untuk memulai menginspirasi orang-orang"

 

6. Pertanyaan dari Puti : "Apakah BIMx bisa digunakan untuk interior?"

Jawaban dari Narasumber Benido Joy : "BIMx bisa juga untuk interior. Teknisnya sama dengan cara untuk arsitektural, dengan membuat modelnya terlebih dahulu, lalu klik info untuk menambahkan info, atau bisa dengan cara memasukan link"

7. Pertanyaan dari Puti : " Bagaimana teknisnya untuk menjadi VR?"

Jawaban dari Narasumber Remi : "Pertama 3D modelnya harus berupa .fbx , setelah itu bisa dioperasikan di unity/ unreal engine. Lalu Coding dengan algoritma untuk pergerakan yang dihasilkan. File akhirnya berupa tipe file .exc. Untuk renderingnya sendiri berbeda sedikit dengan ketika kita rendering image, dan untuk visual scriptingnya dapat dipelajari di youtube."

 

Selain beberapa pertanyaan diatas, masih ada beberapa pertanyaan lainnya dari para peserta. Begitu baik antusias dari para peserta untuk terlibat dalam seminar Architect Digivolution ini khususnya dalam sesi Diskusi Panel. Kami harap event-event yang kami buat seperti inilah yang dapat menjadi wadah untuk kami dan masyarakat arsitektur di Indonesia lainnya untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran mengenai hal arsitektur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload

Archive